Thursday, September 27, 2007

Rumput Patimah References

Reference to surat kabar "Sinar Harapan"

Rumput Fatimah dikenal dengan nama latin (Labisa pumila) dikenal sebagai tanaman yang membantu proses memperlancar kelahiran. Para jemaah haji atau mereka yang pernah berkunjung ke Timur Tengah, biasanya membawa pulang rumput fatimah sebagai oleh-oleh untuk keluarga dan kerabat di tanah air, karena dipercaya sebagai obat yang manjur.
Namun, di sisi lain, rumput fatimah juga kerap digunakan sebagai obat pelancar haid bagi orang-orang yang ”mendadak” telanjur hamil di luar perencanaan. Para ibu yang telanjur ber-KB tapi kebobolan atau para gadis yang telanjur hamil namun belum menikah.
Penggunaan rumput fatimah sebagai pelancar haid sebenarnya bukan hal baru di Indonesia, terlebih bagi masyarakat Dayak Iban di Pulau Kalimantan, perbatasan Indonesia dan Serawak.
Masyarakat Dayak Iban biasanya memanfaatkan rumput fatimah ini dengan mengambil akarnya. Kemudian dicuci, dipotong-potong lalu direbus. Air rebusan akar rumput fatimah ini yang kemudian diminum untuk melancarkan kelahiran atau haid.
Sehabis melahirkan, para perempuan Dayak Iban ini juga menggunakan daun sembong, yang kelihatan seperti gulma, untuk mandi.
Daun sembong tersebut dibuang akarnya, dibersihkan dan kemudian direbus. Rebusan inilah yang digunakan untuk mandi sehingga tubuh terasa sejuk dan segar.

Reference to website "Ayahbunda.com"

Mitos:
Jika susah melahirkan, minum saja rendaman rumput fatimah.

Fakta:
Rumput fatimah yang juga dikenal dengan nama Labisia pumila ini, berdasarkan kajian atas obat-obatan tradisional di Sabah, Malaysia, tahun 1998, dikatakan mengandung hormon oksitosin, yang dapat membantu menimbulkan kontraksi. Biasanya, rumput fatimah ini direndam dalam air hingga mengembang, kemudian air rendamannya diminum. Di Malaysia, air rendaman rumput ini juga digunakan oleh para ibu setelah persalinan, untuk membantu pemulihan kontraksi rahim pasca persalinan. Namun, karena obat ini merupakan obat tradisional, maka takarannya pun belum jelas.

Reference to "primbon.com/kayubertuah"

Rumput fatimah banyak diambil kaum muslim dari Tanah Suci Mekah dipercaya memiliki tuah memudahkan menagih hutang, permohonan pekerjaan, melunakan hati orang dan sebagainya. Ada juga kegunaan lain untuk memperlancar persalinan, caranya : masukan rumput itu kedalam air, biasanya akarnya mengembang, bacalah Al-Fatihah atau Al-Ikhlas sebanyak 100 x selama merendam itu, minumkan segelas ke ibu yang bersangkutan sambil memohon petunjuk Allah.

Rumput ini juga dapat mengobati kanker, stroke ringan dan tekanan darah tinggi, hanya disini digunakan air panas (thermos), bacaannya Al-Fatihah dan Ayat Kursi masin masing minimal 200 x sesudah itu mohon penyembuhan pada Allah dan minumkan satu gelas 3 x sehari sampai sembuh. Oleskan air rendamannya kepada sisakit.

Seni rupa Islam

Dari Wikipedia Indonesia, ensiklopedia bebas berbahasa Indonesia

Motif arabesque di bangunan Alhamra

Seni rupa Islam adalah seni rupa yang berkembang pada masa lahir hingga akhir masa keemasan Islam. Rentang ini bisa didefinisikan meliputi Jazirah Arab, Afrika Utara, Timur Tengah, dan Eropa sejak mulai munculnya Islam pada 571 M hingga mulai mundurnya kekuasaan Turki Ottoman. Walaupun sebenarnya Islam dan keseniannya tersebar jauh lebih luas daripada itu dan tetap bertahan hingga sekarang.

Seni rupa Islam adalah suatu bahasan yang khas dengan prinsip seni rupa yang memiliki kekhususan jika dibandingkan dengan seni rupa yang dikenal pada masa ini. Tetapi perannya sendiri cukup besar di dalam perkembangan seni rupa modern. Antara lain dalam pemunculan abstraksi dan filsafat keindahan. Seni rupa Islam juga memunculkan inspirasi pengolahan kaligrafi menjadi motif hias.

Dekorasi di seni rupa Islam lebih banyak untuk menutupi sifat asli medium arsitektur daripada yang banyak ditemukan pada masa ini, perabotan. Dekorasi ini dikenal dengan istilah arabesque.

Peninggalan seni rupa Islam banyak berbentuk masjid, istana, ilustrasi buku, dan permadani.


D reference to "angel michael" ...@gmail.com>

P perihal: [mediacare] Jilbab dan kebudayaan

http://angelmichael69.blogspot.com/2007/11/jilbab-dan-kebudayaan-jilb...

Jilbab dan Kebudayaan

Jilbab berasal dari daerah Timur Tengah (Middle East),
banyak orang di daerah gurun tersebut, seperti yahudi,
iran, israel, irak, dan sekitarnya

bahkan daerah gurun di asia (gurun gobi), banyak juga
yang memakai jilbab. Budaya menggunakan pelindung
muka, pelindung rambut, leher dan baju langsung
(kurung) sangat disukai didaerah gurun.

mengapa? sebab memudahkan mereka untuk
membersihkan pasir yang menempel di tubuh,
di wajah, di rambut, di leher dan bahkan dimata
(menggunakan cadar/kacamata)

Jilbab tidak hanya dipakai oleh orang islam,
selain islam-pun boleh memakainya bila mereka
di daerah gurun pasir seperti itu.

Dan terkadang karena sudah merupakan pakaian
sehari-hari, yang menjadi kebiasaan turun-temurun,
maka jilbab menjadi suatu budaya (culture)

Jilbab-pun sebenarnya tidak hanya untuk wanita,
sebab pria dinegara gurun-pun memakainya.

Lalu mengapa orang-orang yang tidak tinggal
di negara gurun dan bukan orang timur tengah
lalu memakai jilbab?

alasannya sederhana:

1. ingin seperti orang timur tengah

2. melakukan ritual keagamaan yang
di sesuaikan dengan asal mula ajaran
tersebut

3. karena "lebih cantik atau tampan"
memakai jilbab, terutama bagi muka
yang bulat dan kotak, hingga mukanya
dimanipulasi tampak oval/ lonjong.

4. karena ikut-ikutan dan ga tahu maksudnya

Di negara yang dijamin keamanan dan di junjung
tinggi persamaan derajat pria dan wanita, maka
pilihan pakai "jilbab" cenderung ke hak pribadi

tetapi apakah perlu memakai jilbab?

Banyak masyarakat yang sudah tinggi
tingkat peradabannya, maka moral tidak
lagi digantungkan pada tampilan luarnya

tetapi apa yang ada di dalam fikirannya,
hingga mungkinkah para pria mengganggu
wanita yang tidak berjilbab di negara kita?

jawabannya mungkin "iya" mungkin "tidak"
sebab, wanita yang tidak berjilbab pun tidak
di ganggu

mengganggu wanita dan memaksakan kehendak
kepada wanita adalah melanggar hukum.

hal ini jelas terlihat di tempat umum, seperti
mall, tempat renang, dan tempat-tempat umum
lainnya

para pria ditempat-tempat umum itu tidak akan
mengganggu wanita yang tidak berjilbab maupun
yang berjilbab

Jilbab, diasumsikan pula dengan "hijab" bagi
beberapa orang, tetapi definisi kata hijab
adalah "memberi batasan/ pembatasa"

bukankah ditempat umum juga sudah disediakan
hijab secara alami dan tidak berlebihan, seperti
"pemisahan toilet pria dan wanita
"

Pemakaian Jilbab dan pakaian tertutup di negara
kita sangat kuat di daerah Indonesia bagian barat,
seperti aceh, lalu mulai berkurang di daerah
indonesia tengah, seperti jawa, bali dan sekitarnya,

lalu mulai tanpa penutup didaerah timur Indonesia
seperti Papua/ Irian Jaya (^_^). Tetapi di Papua juga
tidak terjadi pemerkosaan

Budaya dan Lingkungan juga membuat orang tidak
harus menggunakan jilbab, sebab "tata cara membina
moral dan peradaban akan berbeda satu sama lainnya"

Jilbab sesuaikah diterapkan di negara kita dan masuk
syariah yang harus dijalankan dalam hukum negara?

kebijaksanaan yang luas, dan banyak melihat kebudayaan
lain diluar daerah dan negara kita sendiri yang bisa
memberikan solusi terbaik!

oleh karena itulah, negara tidak boleh ikut campur
dalam masalah keagamaan, dan segera
"meng-amandemen-kan" agar Sila Pertama dari
Pancasila segera "di ubah" agar menjadi lebih bijak,

Hingga Agama dan Tuhan "tidak lagi menjadi urusan negara"

angel michael

Reference to Microsoft Encarta

"Yang dalam bahasa peancis berarti “seni baru’ adalah pergerakan seni yang mencapai puncaknya pada tahun 1890an. Ciri pada art nouveau adalah patern dekoratif yang ditekankan pada unsure organik seperti bunga dan tumbuh-tumbuhan. Art nouveau ditekankan pada lekukan-lekukan sehingga memiliki kesan feminism."


reference to wikipedia

Character of Art Nouveau

Dynamic, undulating, and flowing, with curved 'whiplash' lines of syncopated rhythm, characterised much of Art Nouveau. Another feature is the use of hyperbolas and parabolas. Conventional mouldings seem to spring to life and 'grow' into plant-derived forms.

As an art movement it has affinities with the Pre-Raphaelites and the Symbolism movement, and artists like Aubrey Beardsley, Alphonse Mucha, Edward Burne-Jones, Gustav Klimt, and Jan Toorop could be classed in more than one of these styles. Unlike Symbolist painting, however, Art Nouveau has a distinctive visual look; and unlike the backward-looking Arts and Crafts Movement (although they weren't backward at all), Art Nouveau artists quickly used new materials, machined surfaces, and abstraction in the service of pure design.

Art Nouveau in architecture and interior design eschewed the eclectic revival styles of the Victorian era. Though Art Nouveau designers selected and 'modernised' some of the more abstract elements of Rococo style, such as flame and shell textures, they also advocated the use of highly stylised organic forms as a source of inspiration, expanding the 'natural' repertoire to embrace seaweed, grasses, and insects.

Japanese wood-block prints, with their curved lines, patterned surfaces, contrasting voids, and flatness of visual plane, also inspired Art Nouveau. Some line and curve patterns became graphic clichés that were later found in works of artists from all parts of the world.

Art Nouveau did not negate the machine as the Arts and Crafts Movement did, but used it to its advantage. For sculpture, the principal materials employed were glass and wrought iron, leading to sculptural qualities even in architecture.

Art Nouveau is considered a 'total' style, meaning that it encompasses a hierarchy of scales in design — architecture; interior design; decorative arts including jewelry, furniture, textiles, household silver and other utensils, and lighting; and the range of visual arts. (See Hierarchy of genres.)


Kaligrafi

Dari Wikipedia Indonesia, ensiklopedia bebas berbahasa Indonesia.

Langsung ke: navigasi, cari
Kaligrafi tulisan latin
Kaligrafi tulisan latin

Kaligrafi, dari bahasa Yunani; καλλι "keindahan" + γραφος "menulis" adalah seni menulis dengan indah dengan penasebagai hiasan. Tulisan dalam bentuk kaligrafi biasanya tidak untuk dibaca dengan konsentrasi tinggi dalam waktu lama, karena sifatnya yang membuat mata cepat lelah. Karena itulah sangat sulit menemukan contoh kaligrafi sebagai tipografi buku-buku masa kini.

Meskipun kaligrafi dalam tulisan arab lebih dikenal, tetapi banyak pula penerapan aplikasi ke dalam tulisan latin.

[sunting] Kaligrafi Islam

Contoh kaligrafi Islam dari abad 11 dari Persia
Contoh kaligrafi Islam dari abad 11 dari Persia

Di dalam seni rupa Islam, tulisan arab seringkali dibuat kaligrafi. Biasanya isinya disadur ayat-ayat suci dari Al-Quran. Bentuknya bermacam-macam, tidak selalu pena diatas kertas, tetapi seringkali juga ditatahkan di atas logam atau kulit.


Salah satu bentuk penerapan kaligrafi Islam sebagai seni hias adalah di Istana Al Hamra, Spanyol.



...

Proses Kerja

[18 September 2007]
Pada hari Sabtu tanggal 22 September 2007, kami mulai mengumpulkan beberapa data mengenai kemasan. Baik itu dari internet, maupun dari beberapa buku. Namun hasil yang kami dapatkan tidak memuaskan bagi kami. Hasil yang kami dapatkan tidak sesuai dengan apa yang kami harapkan. Karena itu, proses kerja menjadi sedikit tertunda. Kami mengumpulkan banyak data mengenai kemasan, dan baru mulai menyaringnya lagi untuk mendapatkan data yang paling baik.

[19 September 2007]
Keesokan harinya, pada hari Minggu, kami berkumpul di rumah salah satu anggota kelompok kami semenjak pukul 10 pagi. Kami mulai kebingungan karena ternyata seluruh anggota kelompok kami tidak ada yang mengerti bagaimana membuat sebuah blog (maklum dari kampung). Akhirnya, setelah beberapa waktu kami memutuskan untuk mencoba berkutat dengan blogger untuk membuat sebuah blog. Dan hasilnya, kami pusing tujuh keliling... Namun, dengan semangat pantang menyerah dari kelompok kami, kami terus maju berusaha membuat blog yang memusingkan kami. Setelah sekitar 4 jam berkutat di depan komputer, kami berhasil mengetahui caranya membuat sebuah blog di blogger. Namun blog yang kami buat belum sempurna, dan karena waktu yang kurang, kami hanya mengerti bagaimana caranya mengubah template. Proses kerja kembali dilanjutkan pada pukul 8 malam di rumah anggota kelompok yang sama. Pada awalnya kami sempat kesulitan karena kami belum mengetahui caranya memasukkan gambar ke dalam post. Jadi, kami menunda memasukkan gambar ke dalam post dan baru mulai memberi analisis terhadap tiap-tiap kemasan.
Pada pukul 11.30 malam, akhirnya salah satu anggota kelompok kami yang sudah stress mencoba meng-klik semua icon yang ada di layar komputer. Dan, ternyata-hualaaaa-berhasil! Akhirnya gambar itu pun ter-upload. Kami bisa mulai melanjutkan membuat blog kami.
Pada pukul 12, kami berhasil meng-upload semua gambar kemasan beserta analisis kami yang belum sempat kami lengkapi. Kami juga langsung memasukkan profile beberapa anggota kami yang sudah terkumpul sebelumnya untuk mempersingkat waktu.

[> 19 September 2007]
Setelah kami berhasil mengerti cara memproses blog kami, satu persatu anggota kelompok kami mulai memasukkan data sedikit demi sedikit agar blog kami menjadi lebih sempurna.

[3 Oktober 2007]
Pada hari ini kami mulai menyempurnakan dan melengkapi apa yang kurang dari blog kami dan akhirnya apa yang perlu disertakan dalam blog ini dapat kami sempurnakan.

Semoga apa yang sudah kami kerjakan dapat berguna bagi semua yang melihatnya. Terutama bagi para dosen semoga lebih menghargai kerja kelompok kami yang pada awalnya tidak mengerti sama sekali tentang membuat blog hingga pada akhirnya kami mengerti bagaimana cara menyempurnakannya. Blog kami masih jauh dari sempurna. Terima kasih.