Friday, September 21, 2007
Thursday, September 20, 2007
Tjengkeh Tjap Kambing
Dilihat dari layout yang digunakan terlihat ada sedikit unsur Tionghoa karena menggunakan warna merah yang berarti keberuntungan di adat Tionghoa dan elemen-elemen yang digunakan menyerupai elemen yang digunakan dalam grafis Tionghoa. seperti penggunaan gambar kambing, yang dapat merepresentasikan hewan yang disukain oleh pemilik rumah produksi tersebut. Dalam packaging digunakan gambar sederhana yang menonjolkan image dari rumah produksi cengkeh tersebut yaitu CAP KAMBING. Hal ini agar membedakan cengkeh kambing dengan cengkeh-cengkeh yang diproduksi tempat lain.
Gambar dikeempat ujung dari kemasan produk ini menggunakan tampak atas bunga cengkeh, sekaligus menggambarkan produk yang dijual didalam kemasan ini. Selain itu penggunaan desainlingkaran dengan garis-garis disekelilingnya seperti melambangkan matahari, selain menonnjolkan image kambing, juga merupakan tanda dari kejayaan(harapan) dari produsen cengkeh rajangan cap kambing tersebut.
tjengkeh radjangan termasuk salah satu bahan utama dalam rokok kretek "tingwe" a.k.a linthing dhewe (gulung sendiri.red). Disebut cengkeh radjangan sebab didalamnya terdapat cengkeh yang sudah dipotong kecil-kecil sebagai bahan utama campuran dalam rokok kretek. radjangan sendri berasal dari bahasa jawa yang artinya dipotong kecil-kecil, sedangkan tulisan yang digunakan dalam penulisan merk maupun persuasif dari produk ini masih dalam penulisan Indonesia Kuno, pencampuran dengan bahasa belanda.
Rumput Patimah Jamu
[Ukuran Luar]
Panjang 11 cm
Lebar 6,4 cm
[Ukuran Dalam]
Panjang 6,2 cm
Lebar 5,5 cm
The Product
Rumput Patimah adalah produk jamu ekstrak rumput fatimah yang di produksi oleh PT Rumput Patimah,
The Design
Label kemasan Jamu Rumput Patimah ini menggunakan
Analisa:
- warna: dilihat dari segi warna, packaging ini memakai warna hijau yang mungkin tujuannya adalah memberitahukan kepada target market mereka bahwa jamu ini memakai bahan-bahan alami, karena warna hijau dapat diartikan sebagai warna alam. Adapun warna hijau berkaitan dengan color signature dari agama islam.
- Ilustrasi: pada bagian depan, menggunakan ilustrasi berupa foto yang menggunakan 3 warna yaitu merah, hitam, dan hijau. Sedangkan pada bagian belakang menggunakan ilustrasi yang juga berupa foto tetapi hanya menggunakan dua warna saja, yaitu merah dan hijau.
- Desain: Apabila dilihat dari segi desain, packaging ini terlihat bahwa target market mereka adalah menengah kebawah, atau orang-orang yang pendidikannya rendah, karena semuanya dijelaskan selain menggunakan kata-kata, juga menggunakan ilustrasi. Ilustrasi tersebut mungkin diperuntukkan bagi orang-orang yang buta huruf, atau yang kurang bisa membaca dengan lancar. Dilihat dari segi warna, packaging ini menggunakan hanya 3 warna saja, mungkin karena mereka ingin produknya dapat dihargai dengan harga yang murah. Selain itu packaging ini ingin menjelaskan bahwa mereka memakai bahan alami dilihat dari warna yang digunakan (hijau yang merupakan warna alam), dan diperkuat dengan adanya ornamen-ornamen yang berupa tanaman.
- Lain2: dilihat dari ejaan yang digunakan, kita dapat mengetahui bahwa produk ini keluar belum lama, dan juga kita masih dapat menemukan produk ini dipasaran, ataupun di internet(ekspor). Selain itu kita dapat menemukan tanda-tanda seperti ® ataupun tulisan
Rokok Djolali Marem
Munasari Batik Halus
Mini Gun Mainan
Maya Orang Aring
Kerupuk Cap Cakra
secara keseluruhan desain label tida memiliki relevansi dengan produk. desainnya kurang menarik dan mengingatkan kita pada label cocacola.
Wednesday, September 19, 2007
Kertas Rokok Pangeran
Jamu Jawa
Panjang 8,2 cm
Lebar 6,4 cm
Desain yang digunakan untuk kemasan jamu jawa ini sangat sederhana, dengan sablon yang hanya menggunakan 2 warna, menonjolkan image sederhana, dan ditujukan untuk kalangan menengah kebawah. Hal itu disebabkan peminum jamu kebanyakan dari kalangan menengah kebawah. Mayoritas dari mereka sudah menganut bahwa jamu lebih berkhasiat daripada obat-obatan yang dijual dipasaran luas.
Untuk illustrasinya, digambarkan seorang menggunakan kebaya jawa, yang sedang mengobati seorang anak kecil di bagian mulutnya. Hal ini menjadi semakin jelas setelah pada bagian bawah ilustrasi terdapat tulisan Jamu sariawan. Hal tersebut menjelaskan bahwa jamu tersebut adalah jamu untuk menghilangkan sariawan.
Tulisan JAMU JAWA dengan hiasan pita sebagai backdropnya semakin menekankan bahwa jamu yang terdapat didalam merupakan jamu khas jawa yang diracik oleh orang jawa.Semakin kita telusuri di bagian bawah terdapat merk dari produk tersebut. Produk tersebut tidak menonjolkan merknya sebab merk jamu tersebut adalah "AKAR GINSENG" sehingga dapat menimbulkan salah kaprah kepada konsumen. Sehingga produsen ingin menekankan bahwa dia ingin menjual jamu jawa yang berguna untuk meredakan sariawan. sebab akar ginseng tidak berpengaruh terhadap penyembuhan sariawan, sehingga produsen takut untuk memunculkan cap rumah produksi sebagai bagian terbesar dari packaging tersebut.
Untuk menekankan unsur jawa, packaging dibuat lebih teratur dengan hiasan ukiran jawa pada bagian pinggir ilustrasi dan tulisan yang membingkai produk tersebut, hingga nampak seperti lukisan didalam bingkai lukisan.
Gunung Mas Kantong Plastik
Panjang 10,1 cm
Lebar 4,6 cm
Produk Kantong Plastik Gunung Mas ini memiliki desain yang sangat sederhana. kurang begitu memperhatikan packaging yang mungkin dikarenakan produk itu sendiri tidak membutuhkan image yang kuat dengan direpresentasikan melalu packaging. penggunaan warna putih, kuning dan hijau. putih itu sendiri hanya menjadi warna dasar dari packaging sedangkan hijau dan emas disini merepresentasikan ikon dari produk ini yaitu gunung mas dimana gunung memiliki warna natural hijau dan emas direpresentasikan dengan warna kuning. menggunakan kualitas cetak yang kurang baik. dilihat dari gaya desain, border yang membingkai label kemasan merupakan ciri khas chinesse art yang memungkinkan pemiliknya orang keturunan tiong hoa atau dia hanya sekedar menyukai bentuk bingkai tersebut.
dari keterangan yang dibuat dengan sangat jelas menunjukan bahwa produk ini dibuat untuk kelas menengah ke bawah.